2022-06-15
Pada tanggal 23 Maret 2022 PP PAUD DIKMAS bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kota Magelang mengadakan Kegiatan Program Pendampingan Tim Peningkatan Kompetensi Literasi Daerah dengan melibatkan beberapa pejabat dan OPD terkait yaitu Pengembang Kurikulum, Pengawas TK, Pengawas SD, Pengawas SMP, BAPPEDA, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dewan Pendidikan, Penerbit, Penulis, Media, PGRI, HIMPAUDI, IGTKI, MKKS SD, MKKS SMP, FK PKBM dan FK TBM.
Pada Kegiatan ini Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang (PAPA RIYADI,S.Pd.,M.Pd) menyampaikan tentang Kebijakan Daerah terkait dengan Gerakan Literasi Daerah.
Kemudian dilanjut materi oleh narasumber dari PP PAUD DIKMAS Prov. Jawa Tengah (Zumrotul Hasanah, S.Psi) tentang Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Dari pertemuan ini diharapkan terbentuknya Tim Pendamping Literasi Daerah dengan diterbitkannya Surat Keputusan Walikota.
Mengapa harus dibentuk Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD)? Dari survei yang memaksa siswa belajar dari rumah sudah 2 th lebih mengalami pandemic covid dampak nya luar biasa, 67.11% guru kebanyakan tidak bisa mengoprasikan digital mengakses internet, 88.7% siswa kekurangan fasilitas pendukung seperti laptop, listrik dan jaringan internet. 51.1% siswa tidak konsentrasi dalam belajar, siswa tidak senang belajar dari rumah.
Tim Pendamping Sekolah adalah sebuah sistem pendukung yang memiliki peran sentral dalam mendotong sekolah sebagai motor penggerak. TPLD memiliki tugas utama yaitu melakukan penguatan kemempuan literasi dan numerasi di sekolah terutama yang terkena dampak dari learning loss yang diakibatkan salah satunya terjadinya pandemi.